Hosting ada dua macam, Linux dengan Cpanel (lebih simple dan mudah) dan Windows dengan Plesk/Parallels Plesk Panel. Berikut ini tutorial untuk menambahkan atau membuat email di hosting Windows/Plesk
Cara Menambahkan Akun Email di Parallels Plesk Panel :
Untuk membuat account email POP di Plesk Windows, Pertama, Anda perlu login ke control panel Plesk.
Setelah login, Anda akan melihat halaman utama dari panel kontrol seperti Pic (gambar). 1
Kemudian ikuti Gambar 1-19 untuk membuat account POP mail.
1 – Untuk memulai, klik saja “” Buat Mail Account “” Tidak ada ikon seperti: 1.
3 – Masukkan “” Password “” untuk account email.
Masukkan kembali “” Password “” untuk konfirmasi.4 – Mengubah bahasa default untuk account email jika memerlukan. (opsional)
5 – Ubah “” Kulit “” halaman account e-mail, jika membutuhkan. (opsional)
6 – Pastikan “” Kotak surat “” pilihan telah diperiksa jika Anda perlu untuk menerima semua email masuk ke account kotak surat Anda pada server hosting Anda.
7 – Klik “” Selesai “”.
8 – Sekarang account email Anda telah dibuat.
Pada halaman ini Anda dapat mengelola akun email Anda seperti Ubah Password, Spam Filtering, Akses ke Webmail, ….
9 – Sebagai contoh, untuk mengubah password account email, cukup klik “” Preferensi “” ikon.
10 – Pada halaman ini Anda dapat mengubah: Mail Account Name, Password Mail Account, Bahasa Chane, …
11 – Hanya Ingat, Setelah perubahan informasi, Silahkan Klik “” OK””Tombol untuk menyimpan informasi baru.
12 – Untuk meninjau semua account POP mail, silakan klik “” Akun Surat “” Tidak seperti: 12.
13 – Semua account mail Anda telah terdaftar dalam halaman ini.
Semua ikon warna abu-abu menunjukkan layanan tidak aktif untuk account mail.
14 – Untuk mengedit, mengelola dan kembali aktif layanan lain di account email Anda, klik pada nama mail, No: 14
15 – Untuk Hapus account email Anda, hanya Anda perlu memilih email yang Anda ingin menghapusnya.
16 – Kemudian Klik Hapus link teks, seperti No.16.
17 – Pada halaman ini Anda harus mengkonfirmasi penghapusan account email Anda.
18 – Setelah tanda centang Konfirmasi Penghapusan, Klik OK untuk menyimpan permintaan Anda.
19 – Setelah menyimpan menunjukkan permintaan Anda, account mail telah dihapus dari daftar Anda.
CATATAN: Masuk pengguna Anda nama untuk andi@domainAnda.com. Server (SMTP) keluar memerlukan otentikasi dan menggunakan nama pengguna dan password yang sama sebagai server (POP3) masuk.
Untuk informasi lebih lanjut tentang pengaturan account mail di Panel Plesk Parallels, Anda dapat melihat di dokumentasi Parallels Plesk Panel di website Paralel ini: Video Tutorial Email Dalam Plesk
sumber : konsultasi-it.com dan aryaco.com